-->

iklan banner

4 Buku Gratis Panduan Berguru Asp.Net

Tidak hanya bahasa pemrograman PHP dengan frameworknya mirip CodeIgniter yang memakai MVC (Model View Controller) untuk urusan pembuatan website. ASP.net sanggup menjadi salah satu pilihan untuk anda yang ingin mendalami aplikasi berbasis web dan mobile. 4 Buku Gratis panduan mencar ilmu ASP.Net yang sanggup anda dapatkan dalam bentuk PDF ini, berisikan ASP.Net memakai Visual Studio 2008 hingga 2013.

Untuk mengenal MVC,  sedikit aku kutip ulasan mengenai arsitektur Movel View Controller dari salah satu buku ASP.Net.

Baca juga: 2 Buku Gratis Bahasa Pemrograman Web dengan PHP dan MYSQL Terbaik

Aristektur MVC

MVC yakni akronim dari Model, View, Controller, yang merupakan sebuah arsitektur untuk membuat sebuah program. Arsitektur ini menekankan kepada pembagian dari komponen-komponen kegiatan menjadi tiga bab utama yaitu Model, View, dan Controller. Gambar di bawah ini, memperlihatkan citra konseptual wacana arsitektur
MVC.

Tidak hanya bahasa pemrograman PHP dengan frameworknya mirip  4 Buku Gratis Panduan Belajar ASP.NetInteraksi user dengan kegiatan digambarkan dengan arah panah besar yang menuju View. Kemudian View memanggil Controller. Selanjutnya Controller akan membuat atau memanipulasi Model. Model ini akan diberikan kepada View untuk ditampilkan kepada user.

Dengan demikian kiprah View yakni menangani tampilan kegiatan dan interaksi antara user dengan program. Controller melaksanakan koordinasi antara View dan Model. Sedangkan Model yakni bab yang bekerja dibelakang layar untuk memenuhi seruan user dalam sebuah interaksi.

Tujuan dari pembagian kegiatan ke dalam tiga bab besar ini yakni untuk memisahkan fokus perhatian, tanggung jawab, dan logic ke dalam bab masing-masing. View hanya fokus kepada tampilan dan menangani interaksi dengan user.

Model hanya fokus kepada manipulasi objek-objek non-visual dan logic di dalamnya untuk memenuhi skenario sebuah proses bisnis. Sedangkan Controller mendapatkan input dari View, membuat dan memanipulasi Model, kemudian memperlihatkan Model kepada View untuk ditampilkan ke user.

Cara gampang untuk memahami arsitektur MVC ini yakni dengan memakai analogi organisasi bisnis dan kiprah yang terdapat didalamnya. Sebuah organisasi bisnis biasanya mempunyai staf marketing, mandor, dan staf operasional.

Staf marketing melaksanakan segala upaya untuk memikat calon pelanggan. Tugasnya yakni ‘menjual’ produk kepada calon pelanggan. View dalam MVC mirip staf marketing ini. Tugasnya yakni ‘menjual’ dengan memperlihatkan presentasi yang menarik kepada user.

Peran lain yang terdapat dalam sebuah organisasi bisnis yakni staf produksi yang bekerja di diam-diam memenuhi sasaran yang telah ditetapkan untuk sanggup memenuhi seruan pelanggan. Pekerjaan staf produksi tidak tampak oleh pelanggan itu sendiri. Staf produksi juga tidak bertanggung jawab untuk eksklusif bertemu dengan pelanggan. Model dalam MVC mirip staf produksi ini. Tugasnya yakni ‘bekerja’ dengan memperlihatkan segala daya dan upayanya untuk memperlihatkan hasil.

Peran terakhir dalam sebuah organisasi bisnis yakni supervisor yang mengurusi administrasi antara staf marketing dan staf produksi. Berdasarkan masukan dari staf marketing, supervisor memutuskan sasaran produksi yang kemudian akan dikerjakan oleh staf operasi.

Supervisor kemudian mempertemukan antara staf produksi dan staf marketing untuk melaksanakan koordinasi sebelum produk-nya dipresentasikan kepada pelanggan. Setelah oke, supervisor kemudian memerintahkan staf marketing untuk melaksanakan presentasi produk kepada calon pelanggan. Controller dalam MVC mirip supervisor. Tugasnya yakni melaksanakan administrasi dan koordinasi kerja antara View dan Model.

Hubungan ketiga komponen Model, View, dan Controller membuat dependensi antar komponen. View bergantung kepada Model, tetapi Model tidak bergantung kepada View. Designer View perlu mengetahui bagaimana struktur data dari Model untuk sanggup menampilkan Model tersebut dengan benar dalam View, sebaliknya developer yang berbagi Model tidak perlu tahu sama sekali bagaimana bentuk tampilan dari Model tersebut.

Controller dan View saling bergantung satu sama lain. View memerlukan Controller untuk ‘meneruskan’ input dari user ke Model, sedangkan Controller memerlukan View untuk meng-update tampilan sehabis Model selesai dengan tugasnya. Controller bergantung kepada Model alasannya yakni perlu memanggil Model dan memberikannya kepada View. Sebaliknya Model tidak bergantung kepada Controller.

Artikel lain: tutorial j4va lengkap PDF

Dengan demikian, arsitektur MVC memperlihatkan pemisahan kiprah dan tanggung jawab yang terperinci antara Model, View, dan Controller. Sehingga developer sesuai dengan keahliannya sanggup memusatkan perhatian kepada logic proses bisnis di dalam Model.

Designer yang mumpuni dalam grafik dan tampilan sanggup fokus berbagi tampilan yang akan memikat user. Kedua komponen tersebut sanggup bekerja dengan serasi yang diatur oleh Controller. Pemisahan yang terperinci ini juga akan memudahkan pengetesan terhadap masing-masing komponen.

DVD Rekomendasi:

1#. Video Tutorial Seminggu Menguasai Android

2#. Video Tutorial 7 Hari Jago Web Design – HTML, CSS dan Javascript untuk Pemula

2#. Video Tutorial Seminggu Menguasai PHP dan MySQL untuk Pemula

Download Ebook Belajar ASP.net MVC Gratis

Sebelum anda mend0wnl0ad 4 ebook gratis asp.net yang akan aku bagikan ini, ada baiknya anda membaca sedikit ulasan /review yang aku berikan untuk setiap ebook yang mungkin salah satu atau ke empatnya menjadi pilihan anda untuk mencar ilmu ASP.net.

1. Mengenal ASP.Net MVC (Kemudahan Web Programming dengan ASP.Net MVC, AJAX, dan JQuery), Penulis Agus Suhanto, Tahun 2012. Ebook ini berisikan sekitar 75 halaman berbentuk PDF.  Menggunakan ASP.Net 3.5 dan Tools Visual Studio 2008 untuk pengembangan kegiatan Web ASP.Net MVC. Untuk mend0wnl0adnya silahkan klik disini.

2. Seri Belajar ASP.Net Membangun Aplikasi Web Praktis dan Cepat, Micorosfot MVP ASP.NET/IIS ditulis oleh M. Reza Faisal, . Masih sama dengan ebook pertama yang diatas, memakai .Net framework 3.5 sebagai platform dan visual Studio 2008. Ebook setebal 251 halaman berbentuk PDF ini, sanggup anda jadikan rujukan untuk mencar ilmu ASP.Net. Untuk mend0wnl0adnya, silahkan klik disini

3. Seri Belajar ASP.Net Membangun Sistem Pengelolaan User, ditulis oleh M. Reza Faisal, tahun 2014. Ebook ini merupakan kelanjutan dari ebook sebelumnya, pada ebook ini dipaparkan tahapan-tahapan untuk membuat sistem pengelolaan user dari tahap persiapan database, konfigurasi, pembuatan fondasi aplikasi web mirip data access layer sederhana dengan memakai LINQ to SQL, pengamanan aplikasi sederhana dan lain-lain. Menggunakan Teknologi ASP.NET. 4.0 dan SQL Server 2008 sebagai media penyimpanan. Untuk mend0wnl0ad ebook setebal 120 halaman dengan format PDF, silahkan klik disini

4. Seri Belajar ASP.NET Pengenalan ASP.NET Web API, ditulis oleh M Reza Faisal pada tahun 2014.  Pada ebook ini akan dikenalkan wacana ASP.NET Web API dengan sumbangan tool visual Studio 2013. Selain itu juga akan diberikan contoh-contoh penggunaannya serta pemanfaatannya pada aplikasi web dan mobile. Ebook setebal 98 halaman berbentuk PDF ini, kiranya cocok untuk anda yang ingin mencar ilmu dan mendalami ASP.Net. Untuk mend0wnl0adnya silahkan klik disini. Semoga bermanfaat


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Buku Gratis Panduan Berguru Asp.Net"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel