-->

iklan banner

Cara Memilih Fpb Dan Komisi Pemberantasan Korupsi Dengan Pohon Faktor

Pada dasarnya mencari faktor komplotan terbesar (FPB) dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dengan pohon faktor hampir sama ibarat mencari FPB dan KPK dengan faktorisasi prima, alasannya yaitu dari pohon faktor ini akan menghasilkan fakorisasi prima suatu bilangan bulat. 

Sebelum membahas cara mencari FPB dan KPK dengan pohon faktor, alangkah baiknya Anda paham terlebih dahulu apa pengertian pohon faktor. Pohon faktor yaitu pohon yang tumbuh ke bawah dengan memakai perkalian yang memakai bilangan prima. Berikut teladan gambar pohon faktor dari bilangan 105.

Perhatikan gambar di atas! Cara menciptakan pohon faktor yaitu sebagai berikut. Pertama, tentukan bilangan apa yang akan dicari faktorisasi primanya, contohnya bilangan 105 ibarat pada gambar di atas. Kedua, bagi bilangan 105 dengan bilangan prima terkecil yang mungkin sanggup dilakukan. Bilangan prima terkecil yang sanggup membagi bilangan 105 yaitu 3. Tulis bilangan 3 pada cabang sebelah kiri (lingkaran warna merah) pohon faktor, sedangkan jadinya (35) ditulis pada cabang sebelah kanan (lingkaran warna hitam) pohon faktor dan seterusnya sampai menghasilkan pembagian 1. Keempat, hasil faktorsiasi prima pada pohon faktor di atas yakni: 2 × 5 × 7. Bagaimana? Praktis bukan?

Sekarang kita terapkan pohon faktor tersebut untuk menyelesaiakan atau mencari FPB dan KPK dari dua bilangan bundar atau lebih. Misalnya tentukanlah FPB dari 72, 54 dan 36.

Penyelesaian:
Untuk memudahkan mencari faktorisasi prima kita buat pohon faktornya terlebih dahulu. Maka akan tampak ibarat gambar di bawah ini.

Berdasarkan pohon faktor di atas maka:
Faktor prima 72 = 23 . 32
Faktor prima 54 = 2 . 33
Faktor prima 36 = 22 . 32
FPB sanggup dicari dengan mengambil bilangan faktor yang sama dan ambil yang terkecil dari dua atau lebih bilangan. Maka faktor prima dari 72, 54 dan 36 yang sama yaitu 2 dan 3, dan  yang terkecil yaitu 2 × 32 = 18. Makara FPB dari 72, 54 dan 36 yaitu 18

Sedangkan, untuk mencari KPK sanggup dilakukan dengan cara semua bilangan faktor dikalikan dan apabila ada yang sama ambil yang terbesar serta apabila keduanya sama ambil salah satunya. Maka faktor prima dari 72, 54 dan 36 yang sama yaitu 2 dan 3, dan  yang terbesar yaitu 23 × 33 = 216. Makara KPK dari 72, 54 dan 36 yaitu 216.

Demikian cara memilih FPB dan KPK dari dua atau lebih bilangan bundar dengan pohon faktor. Mohon maaf kalau ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memilih Fpb Dan Komisi Pemberantasan Korupsi Dengan Pohon Faktor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel