-->

iklan banner

Membedakan Penyakit Layu Kuman Dan Layu Fusarium

Penyakit layu kuman dan penyakit layu fusarium sama-sama dikenal sebagai penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tumbuhan yang kita budidayakan. Tidak hanya merusak tumbuhan dan menurunkan tingkat produktivitasnya, kedua penyakit ini pun bahkan sanggup menyebabkan tumbuhan peliharaan kita menjadi mati secara mendadak. Sebagai petani, tentunya kita tidak pernah mengharapkan insiden jelek ini terjadi.
Tanaman ialah investasi utama bagi para petani. Dari pertumbuhan tumbuhan tersebutlah, kita semua menggantungkan kehidupan. Akan tetapi, tumbuhan sanggup mengalami sakit. Kalau sudah begini, tumbuhan tersebut mula-mula akan menjadi layu sampai hasilnya mati. Upaya tepat yang Anda lakukan untuk mengatasi tumbuhan yang layu dinilai sangat mempunyai kegunaan menjaga kembali kesehatannya. Pengendalian ini harus dilakukan sesuai jenis penyakit yang menyerang.
 Penyakit layu kuman dan penyakit layu fusarium sama Membedakan Penyakit Layu Bakteri dan Layu Fusarium
Ada dua jenis penyakit layu yang biasa menyerang tumbuhan antara lain penyakit layu kuman dan penyakit layu fusarium.
Penyakit Layu Bakteri
Penyakit layu kuman disebabkan oleh Ralstonia solanacearum. Penyakit ini mempunyai tanda-tanda awal berupa daun kedua dan ketiga yang berubah warna menjadi kuning pucat atau kuning menyeluruh kemudian diikuti dengan daun-daun yang lainnya. Bagian batangnya menyerupai terlihat sehat. Tetapi sehabis dipotong, tampak kepingan dalam batang tersebut membusuk dan mengandung lendir. Lama-kelamaan pembusukan akan menyebar mulai dari bonggol sampai buah yang dihasilkannya.
Penyakit Layu Fusarium
Penyebab penyakit layu fusarium ialah Fusarium oxysporum f. Sp. Cubense. Cendawan ini menyebabkan daun-daun tumbuhan yang telah renta akan menguning terlebih dulu, kemudian diikuti dengan daun yang masih muda. Tidak terjadi perkara pembusukan batang pada penyakit ini. Tetapi batang yang terjangkit justru akan mengering dan pecah membujur. Jika dipotong, tampak adanya semacam jaringan cendawan berupa garis-garis berwarna gelap di kepingan dalam batang tersebut.
PERBEDAAN
Beberapa perbedaan antara layu kuman dan layu fusarium di antaranya :
  1. Penyakit layu kuman disebabkan oleh Pseudomonas (Ralstonia solanacearum). Sedang penyebab penyakit layu fusarium ialah Fusarium oxysporum f. Sp. Cubense.
  2. Daun tumbuhan yang terjangkit penyakit layu kuman akan menguning mulai dari daun kedua dan ketiga sampai menyebar ke seluruh bagian. Berbeda dengan penyakit layu fusarium, daun renta yang akan menguning terlebih dahulu.
  3. Tanaman yang terjangkit penyakit layu kuman seperti terlihat layaknya tumbuhan sehat. Sementara pada tumbuhan yang terkena penyakit layu fusarium, batang semunya akan pecah membujur.
  4. Jika dipotong, kepingan dalam batang tumbuhan yang terjangkit penyakit layu kuman tampak membusuk dan berlendir. Tetapi pada batang tumbuhan yang terjangkit penyakit layu fusarium ditemukan jaringan berwarna kehitaman dan tak membusuk.
  5. Bonggol tumbuhan yang terjangkit penyakit layu kuman akan mengeluarkan cairan berlendir yang warnanya cokelat kemerahan bila dipotong. Sedangkan pada tumbuhan yang terjangkit penyakit layu fusarium, bonggolnya berubah warna menjadi gelap.
  6. Kalau penyakit layu kuman menyerang tumbuhan yang sudah berbuah, maka buahnya akan anyir di kepingan dalamnya. Tetapi jikalau serangannya terjadi pada tumbuhan muda, maka buah tidak sanggup terbentuk sempurna. Di sisi lain penyakit layu fusarium akan menyebabkan tumbuhan gagal panen. Kalau pun berbuah, ukuran buahnya sangat kecil.
  7. Penyakit layu kuman sanggup memanfaatkan flora terong, cepukak, jahe, tomat, meniran, dan leunca sebagai inang sementaranya. Berbeda dengan penyakit layu fusarium yang kerap memakai inang sementara berupa tumbuhan lembayungan, rumput pahit, bayam-bayaman, dan tali kandang
  8. Penyakit layu kuman juga sanggup disebarluaskan oleh serangga jenis diptera sebagai inang sementara bagi penyebab penyakit ini. Sedangkan penyakit layu fusarium murni disebabkan oleh jamur, di mana sporanya disebarkan oleh angin dan air hujan. Tidak ada serangga yang menjadi inang penyakit layu fusarium.

Sumber http://farof.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membedakan Penyakit Layu Kuman Dan Layu Fusarium"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel