-->

iklan banner

Pembahasan Ipa Smp Un 2017 No. 16 - 20

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 16 hingga dengan nomor 20 tentang:
  • gelombang bunyi, 
  • lensa cekung dan lensa cembung, 
  • cermin cekung dan cermin cembung, 
  • listrik statis, serta 
  • rangkaian listrik.

Soal No. 16 perihal Gelombang Bunyi

Sebuah kapal memancarkan sinyal suara ke dasar bahari R dan S menyerupai gambar.

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Bunyi pantul dari S tertangkap kembali di kapal 2 sekon sehabis sinyal dipancarkan dan suara pantul dari R tertangkap kembali di kapal 3,5 sekon sehabis sinyal dipancarkan. Jika cepat rambat suara si air 1500 m/s, selisih kedalaman R dengan S ialah ….

A.   1125 m
B.   1500 m
C.   2250 m
D.   2625 m




Pembahasan

Sinyal suara yang dipancarkan kapal akan dipantulkan oleh dasar bahari sehingga sinyal suara tersebut menempuh dua kali jarak permukaan ke dasar.

2s = vt

Bunyi pantul dari S tertangkap kembali di kapal 2 sekon sehabis sinyal dipancarkan.

2sS = vtS
2sS = 1500 × 2
  sS = 1500

Sedangkan suara pantul dari R tertangkap kembali di kapal 3,5 sekon sehabis sinyal dipancarkan.

2sR = vtR
2sR = 1500 × 3,5
2sR = 5250
  sR = 2625

Dengan demikian, selisih sR dan sS adalah:

s = sRsS
     = 2625 − 1500
     = 1125

Jadi, selisih kedalaman R dengan S ialah 1125 m (A).

Soal No. 17 perihal Lensa Cekung dan Lensa Cembung

Perhatikan tabel berikut!

No.AktivitasAlatAlasan
(1)penderita miopi mengamati benda jauhlensa cekungbayangan bersifat maya, tegak, diperkecil
(2)penderita hipermetropi membaca koranlensa cembungbayangan bersifat maya, tegak, diperbesar
(3)membentuk bayangan dengan kameralensa cembungbayangan bersifat nyata, tegak, diperkecil
(4)seseorang mengamati benda berukuran kecillensa cembungbayangan bersifat nyata, tegak, diperbesar

Dari tabel tersebut pernyataan yang sempurna ialah pada nomor ….

A.   (1) dan (2)
B.   (1) dan (3)
C.   (2) dan (3)
D.   (2) dan (4)



Pembahasan

Mari kita ulas pernyataan pada tabel di atas!
  1. Agar penderita miopi (rabun jauh) sanggup mengamati benda jauh dengan terang maka harus dibantu dengan kacamata minus (lensa negatif, lensa cekung). Bayangan benda jauh yang dibuat oleh lensa ini bersifat maya, tegak, dan diperkecil. [pernyataan 1 benar]
  2. Penderita hipermetropi (rabun dekat) yang ingin melihat benda jarak bersahabat dengan jelas, misal membaca koran, harus memakai kacamata positif (lensa cembung). Sifat bayangan benda bersahabat yang dibuat oleh lensa cembung ialah maya, tegak, dan diperbesar. [pernyataan 2 benar]
  3. Kamera ialah alat optik yang memakai lensa cembung. Sifat bayangan yang dibuat ialah nyata, terbalik, dan diperkecil. [pernyataan 3 salah]
  4. Untuk mengamati benda kecil kita sanggup memakai lup. Lup atau beling pembesar ialah lensa cembung yang sanggup membentuk bayangan maya, tegak, dan diperbesar. [pernyataan 4 salah]
Jadi, pernyataan yang sempurna ialah pada nomor 1 dan 2 (A).

Soal No. 18 perihal Cermin Cekung dan Cermin Cembung

Benda terletak di depan cermin cekung menyerupai gambar, ternyata bayangan yang terbentuk bersifat aktual dan diperbesar 3 kali.

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin, maka bayangan yang dihasilkan kini bersifat ….

A.   nyata, terbalik, diperbesar
B.   nyata, terbalik, diperkecil
C.   nyata, terbalik, sama besar
D.   maya, tegak, diperbesar




Pembahasan

Diketahui:

s = 20 cm
m = 3

Pertama, kita tentukan dulu jarak bayang (s') dengan memakai rumus perbesaran (m).

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Selanjutnya kita tentukan jarak fokusnya.

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin sehingga jarak benda menjadi:

s2 = (20 + 10) cm
    = 30 cm

Sekarang kita hitung jarak bayangan setelah benda digeser.

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Ternyata diperoleh s2 = s'2 yang berarti bahwa sifat bayangan sama besar.

Karena jarak bayangannya positif maka sifat bayangan ialah nyata. Bayangan aktual selalu terbalik (untuk satu cermin).

Jadi, bayangan yang dihasilkan kini bersifat nyata, terbalik, dan sama besar (C).

Soal No. 19 perihal Listrik Statis

Gambar berikut mengatakan gaya tolak-menolak antara dua benda titik bermuatan listrik.

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Besar gaya tolak-menolak antara kedua benda tersebut jikalau muatan listrik diganti menjadi +2Q dan +Q, dan jarak kedua benda menjadi 2d ialah ….

A.   ½F
B.   2F
C.   4F
D.   8F




Pembahasan

Gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak di antara dua muatan dirumuskan:

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Sesuai dengan data yang diketahui, rumus di atas menjadi:

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Jika muatan listrik diganti menjadi +2Q dan +Q, dan jarak kedua benda menjadi 2d maka:

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Jadi, besar gaya tolak-menolak antara kedua benda tersebut ½F (A).

Soal No. 20 perihal Rangkaian Listrik

Empat buah lampu disusun menyerupai gambar berikut.

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 16 - 20

Urutan lampu yang menyala paling terang hingga ke yang paling redup ialah ….

A.   L1, L3, L2, L4
B.   L2, L3, L1, L4
C.   L3, L2, L1, L4
D.   L4, L2, L3, L1




Pembahasan

Lampu L4 dialiri arus utama, yaitu arus yang berasal dari sumber arus listrik, sehingga L4 menyala paling terang.

Sedangkan lampu L1, L2, dan L3 dialiri arus cabang sehingga ketiga lampu tersebut menyala lebih redup daripada lampu L4.

Lampu yang memiliki kendala lebih kecil akan menyala lebih terang. Di antara ketiga lampu tersebut, L2 memiliki kendala paling kecil sehingga menyala paling terang. Disusul oleh L3 dan L1.

Jadi, urutan lampu yang menyala paling terang hingga ke yang paling redup ialah L4, L2, L3, L1 (D).

Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 11 - 15
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 21 - 25

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, mengembangkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
Sumber http://kakajaz.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Ipa Smp Un 2017 No. 16 - 20"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel