-->

iklan banner

Pemuaian Volume Gas Pada Suhu Tetap

Untuk jumlah gas tertentu, menurut hasil eksperimen yang dilakukan oleh ilmuwan fisika yang berjulukan Robert Boyle (1627 - 1691) didapatkan bahwa volume gas berbanding terbalik dengan tekanan yang diberikan pada gas tersebut ketika suhu dijaga konstan, yaitu:

V ≈ (1/P)

dengan P ialah tekanan adikara (tekanan yang dipengaruhi oleh besarnya tekanan udara luar atau tekanan yang terukur ditambah dengan tekanan luar). Jika tekanan gas digandakan menjadi dua kali semula, volume diperkecil hingga setengah nilai awalnya. Karena ini merupakan hasil eksperimen Robert Boyle maka relasi ini dikenal sebagai Hukum Boyle. Grafik tekanan (P ) terhadap volume gas (V ) untuk suhu tetap tampak menyerupai pada gambar di bawah ini.
 menurut hasil eksperimen yang dilakukan oleh ilmuwan fisika yang berjulukan Robert Boyle Pemuaian Volume Gas Pada Suhu Tetap
Grafik P terhadap V dengan T tetap

Hukum Boyle juga sanggup dituliskan:

PV = konstan
atau
P1V1 = P2V2

dengan:
P1 = tekanan gas awal (Pa)
P2 = tekanan gas selesai (Pa)
V1 = volume gas awal (m3)
V2 = volume gas selesai (m3)

Persamaan PV = konstan, menunjukkan bahwa pada suhu tetap, jikalau tekanan gas dibiarkan berubah maka volume gas juga berubah atau sebaliknya, sehingga hasil kali PV tetap konstan.

Untuk memantapkan pemahaman Anda perihal pemuaian volume gas pada suhu tetap, silahkan simak dan pahami tumpuan soal di bawah ini.

Contoh Soal 1
Sejumlah gas dalam ruang tertutup pada dikala volumnya 40 dm3, tekanannya 2 atm. Jika gas ditekan secara perlahan-lahan sehingga volumnya menjadi 25 dm3 tanpa mengalami perubahan suhu, maka berapakah tekanan gas yang terjadi?

Penyelesaian:
Diketahui:
V1 = 40 dm3
P1 = 2 atm
V2 = 25 dm3

Ditanyakan: P2 = ?

Jawab:
P1V1 = P2V2
2 atm. 40 dm3 = P2.25 dm3
P2 = (2 atm. 40 dm3)/25 dm3
P2 = 3,2 atm

Contoh Soal 2
Gas dalam ruang tertutup memiliki tekanan 1 cmHg. Jika lalu gas tersebut ditekan pada suhu tetap sehingga volum gas menjadi ¼ volum mula-mula, berapa tekanan gas yang terjadi?

Penyelesaian:
Diketahui:
P1 = 1 cmHg
V2 = ¼.V1

Ditanyakan: P2 = ?

Jawab:
P1V1 = P2V2
1 cmHg.V1 = P2. ¼.V1
P2 = 1 cmHg/¼
P2 = 1 cmHg × 4
P2 = 4 cmHg


Nah demikian materi perihal pemuaian volume gas pada suhu tetap, jikalau ada permasalahan atau hambatan dalam memahami materi ini, silahkan tanyakan pada kolom kometar. Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pemuaian Volume Gas Pada Suhu Tetap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel