-->

iklan banner

1 Meter Berapa Cm? Berikut Cara Menghitung Skala Jarak Peta

Cara Menghitung Skala –  1 Meter Berapa Cm? Pertanyaan tersebut mungkin seringkali kita dengar. Mungkin banyak orang masih belum mengetahui bagaimana cara menghitung jarak bekerjsama pada sebuah peta. Nah, ulasan kali ini kita akan membahas pribadi mengenai cara menghitung skala jarak pada peta lengkap dengan beberapa pola soal menghitung skala peta yang sekiranya akan membantu kita untuk sanggup dengan gampang menguasai bahan rumus skala ini.

Tentunya pada pelajaran Matematika maupun geografi niscaya membahas ihwal Peta termasuk menghitung rumus skala, mencari, atau memilih jarak pada peta, skala peta, jarak bekerjsama dari suatu kota ke kota lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan berguru ihwal rumus jarak pada peta, skala peta, jarak bekerjsama yang mencakup ihwal cara memilih jarak pada peta, cara memilih skala peta, cara memilih jarak sebenarnya.

Untuk menghitung, mencari, atau memilih jarak pada peta, skala peta, jarak bekerjsama kita masih memakai segitiga ajaib menyerupai menghitung, mencari, atau memilih volume, debit, dan waktu pada pelajaran Debit Air. Perbedaannya hanya pada hurufnya saja. Namun demikian tentunya abjad pada rumus mengandung pengertian yang tidak sama.

 Pertanyaan tersebut mungkin seringkali kita dengar 1 Meter Berapa Cm? Berikut Cara Menghitung Skala Jarak Peta

Sebelum kita membahas rumus skala peta lebih lanjut, ada baiknya kita simak terlebih dahulu pengertian skala dan jarak pada sebuah peta berikut ini:

  • Pengertian Jarak pada Peta
    Jarak pada peta yaitu jarak antara satu wilayah ke wilayah lain yang ada pada peta mewakili jarak bekerjsama di atas permukaan bumi. Jarak pada peta ini biasanya memakai satuan cm.
  • Pengertian Skala Peta
    Skala peta yaitu rasio atau angka perbandingan antara jarak dua titik pada peta dengan jarak bekerjsama di atas permukaan bumi. Skala peta biasanya memakai perbandingan misal 1: 500.000 dibaca 1 cm pada peta mewakili 500.000 cm/ 5 km (jarak sebenarnya) di atas permukaan bumi.
  • Pengertian Jarak Sebenarnya
    Jarak bekerjsama yaitu jarak bekerjsama antara satu wilayah ke wilayah lain. Jarak bekerjsama biasanya memakai satuan km.

Rumus Skala Peta :

 Pertanyaan tersebut mungkin seringkali kita dengar 1 Meter Berapa Cm? Berikut Cara Menghitung Skala Jarak Peta

Dapat kita lihat pada gambar diatas, bekerjsama metode atau cara menghitung jarak bekerjsama pada peta tidaklah sulit, berikut ketentuan rumus skala peta:

  • Jarak bekerjsama = Jarak Peta X Skala
  • Jarak Peta = Jarak Sebenarnya : Skala
  • Skala = Jarak Sebenarnya : jarak Peta.

Contoh Soal Menentukan Jarak Sebenarnya Pada Peta

Jarak kota A ke kota B 60 km. Jarak tersebut digambar pada peta dengan skala 1 : 1.500.000. Berapa cm jarak kota A-B pada peta?

Jawab:
Diketahui jarak bekerjsama = 60 km = 6.000.000 cm (jarak harus dirubah menjadi cm)
Skala peta = 1 : 1.500.000

Ditanyakan jarak pada peta?

JP = S x JB
JP = 1/1.500.000 x 6.000.000
JP = 4 cm

Jadi jarak pada peta yaitu 4 cm. Nah, gampang bukan menghitung skala peta dengan memakai rumus diatas? Sekian ulasan kita kali ini mengenai cara menghitung skala pada peta terbaru 2018 yang sanggup kami tuliskan. Semoga apa yang kita bahas dalam artikel ini sanggup bermanfaat.


Sumber http://b1ixbux.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "1 Meter Berapa Cm? Berikut Cara Menghitung Skala Jarak Peta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel