-->

iklan banner

Pembahasan Matematika Ips Un 2017 No. 26 - 30

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Pembahasan soal-soal Ujian Nasional (UN) tahun 2017 bidang studi Matematika SMA-IPS nomor 26 hingga dengan nomor 30 tentang:
  • integral tak tentu fungsi aljabar, 
  • integral tentu fungsi aljabar, 
  • jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga, 
  • sudut antara dua garis dalam ruang dimensi tiga, dan 
  • trigonometri segitiga.

Soal No. 26 perihal Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

Hasil dari ∫ (10x4 − 6x2 − 4x) dx yaitu ….

Baca Juga

A.   40x3 − 12x − 4 + C
B.   5x5 − 3x3 − 2x2 + C
C.   2x5 − 2x3 − 2x2 + C
D.   2x5 + 3x3 − 2x2 + C
E.   2x5 − 3x3 − 4x2 + C




Pembahasan

Integral tak tentu fungsi aljabar dirumuskan sebagai:

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Berdasarkan rumus di atas maka:

   ∫ (10x4 − 6x2 − 4x) dx
= 10 ∙ 1/5 x5 − 6 ∙ 1/3 x3 − 4 ∙ 1/2 x2 + C
= 2x5 − 2x3 − 2x2 + C

Jadi, hasil integral tak tentu fungsi aljabar di atas yaitu opsi (C).

Soal No. 27 perihal Integral Tentu Fungsi Aljabar

Hasil dari

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

yaitu ….

A.   103
B.   76
C.   62
D.   40
E.   26



Pembahasan

Integral yaitu integral yang menghasilkan nilai tertentu (tidak mengandung konstanta integrasi C). Integral ini ditandai dengan batas integrasi sehingga disebut juga dengan integral batas.

Integral tentu dirumuskan sebagai:

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Mari kita selesaikan soal integral tentu tersebut dengan rumus di atas!

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Jadi, hasil dari integral tentu fungsi aljabar tersebut yaitu 76 (B).

Soal No. 28 perihal Jarak Titik ke Bidang pada Ruang Dimensi Tiga

Diketahui kubus ABCD.EFGH menyerupai pada gambar berikut.

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Jarak titik A ke bidang CDHG sanggup dinyatakan sebagai panjang ruas garis ….

A.   AC
B.   AD
C.   AH
D.   AF
E.   AG




Pembahasan

Jarak garis ke bidang yaitu jarak tegak lurus antara garis dan bidang tersebut. Perhatikan gambar berikut!

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Berdasarkan gambar di atas, dari titik A ke bidang CDHG hanya garis AD yang tegak lurus bidang CDHG.

Jadi, jarak titik A ke bidang CDHG sanggup dinyatakan sebagai panjang ruas garis AD (B).

Soal No. 29 perihal Sudut antara Dua Garis dalam Ruang Dimensi Tiga

Diketahui limas beraturan T.ABCD dengan rusuk bantalan 6 cm dan rusuk tegak 6√2 cm.

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Jika antara garis OT dan AT membentuk sudut λ, besar sudut λ yaitu ….

A.   0°
B.   30°
C.   45°
D.   60°
E.   90°




Pembahasan

Garis OT dan AT bertemu di titik T. berarti sudut antara kedua titik tersebut terletak di titik T.

Perhatikan gambar berikut!

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

AO yaitu setengah diagonal AC (diagonal bidang).

AO = 1/2 AC
       = 1/2 × rusuk × √2
       = 1/2 ×6 × √2
       = 3√2

Karena sisi pada segitiga AOT yang sudah kita ketahui yaitu ‘demi’ (sisi depan sudut dan sisi miring) maka untuk memilih sudut λ kita gunakan rumus sinus.

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Jadi, besar sudut antara garis OT dan AT yaitu 30° (B).

Soal No. 30 perihal Trigonometri Segitiga

Diketahui ∆KLM siku-siku di M dan tan ⁡L= 1/3 √3. Nilai cos⁡ L yaitu ….

A.   1/2 √2
B.   1/2 √3
C.   1/2
D.   √2
E.   √3




Pembahasan

Perhatikan ∆KLM dengan tan⁡ L = 1/3 √3 berikut ini!

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Berdasarkan gambar di atas, sisi miring KL sanggup dicari dengan rumus Pythagoras sebagai berikut:

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Dengan demikian, nilai dari kosinus sudut L adalah:

jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 26 - 30

Jadi, nilai cos⁡ L yaitu 1/2 √3 (B).

Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 21 - 25
Pembahasan Matematika IPS UN 2017 No. 31 - 35

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, mengembangkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
Sumber http://kakajaz.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Matematika Ips Un 2017 No. 26 - 30"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel