-->

iklan banner

Jurusan Kedokteran Hewan

Jurusan Kedokteran Hewan  – Kedokteran Hewan merupakan salah satu fakultas kesehatan disamping fakultas kedokteran umum, kedokteran gigi, dan kesehatan masyarakat. Di fakultas kedokteran hewan, anda akan mempelajari segala kesehatan mengenai hewan. Anda tentu sudah memahami perbedaan antara Hewan dan Binatang bukan?


Apa saja yang dipelajari di Jurusan Kedokteran Hewan


Kedokteran Hewan merupakan fakultas yang menitikberatkan kemampuan biologi anda, apalagi jika anda mempunyai kecintaan terhadap binatang dan mau untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kesehatan hewan. Selain biologi, mata pelajaran lain yang diharapkan yaitu matematika. Walaupun aplikasi matematika yang dipakai masih terbilang cukup dasar, namun hal ini tidak sanggup diabaikan. Beberapa matakuliah menuntut anda untuk jago dalam matematika. Sebagai seorang dokter pastilah mempunyai hak atas penggunaan obat oleh alasannya itu mata pelajaran kimia tidak sanggup dikesampingkan. Pengenalan materi kimia dalam pembuatan dan pemakaian obat sangatlah penting, walaupun mungkin sedikit berbeda dengan mata pelajaran kimia yang anda pelajari di sekolah. Tidak sedikit pula dokter binatang berkecimpung di dunia petarnakan lantaran itu ilmu administrasi dan ekonomi sedikit banyak dipakai sebagai penunjang.


Mata kuliah yang penting di fakultas ini antara lain anatomi, diagnosa klinik, farmakologi, ilmu bedah, dan ilmu reproduksi. Pada mata kuliah anatomi anda akan mempelajari bagian-bagian badan hewan, ciri khas tiap-tiap hewan, dan ciri khas tiap-tiap kelas hewan. Pada mata kuliah dianosis klinik anda akan mempelajari ciri-ciri penyakit penangan, serta pengobatan yang terdapat pada binatang dengan telah terlebih dahulu mempelajari banyak sekali faktor penyakit, dan mempelajari fungsi tubuh. Mata kuliah farmakologi merupakan mata kuliah yang menjadi pembeda antara fakultas kedokteran binatang dengan fakultas peternakan. Pada mata kuliah farmakologi anda akan mempelajari banyak sekali macam obat materi pembuat, dan penggunaan obat. Mata kuliah ilmu bedah lebih menekankan kepada operasi bagi binatang itu sendiri. Mata kuliah reproduksi lebih menekankan kepada penggunaannya untuk inseminasi buatan.


Lapangan pekerjaan lulusan Jurusan Kedokteran Hewan


Lapangan kerja yang terbuka untuk dokter binatang menurut jenis hewannya antara lain praktek langsung atau bersama, peternakan, akuatik, binatang liar, dan binatang laboratorium.


Menjadi seorang dokter binatang tidak sanggup dibilang gampang alasannya pasien yang dihadapi cukup beragam. Mulai dari binatang akuatik sampai binatang kesayangan. Menjadi dokter binatang merupakan salah satu bentuk menjaga kesehatan insan melalui kesehatan hewan.


Kesan-kesan kuliah di Jurusan Kedokteran Hewan


Pengalaman saya sesudah masuk fakultas ini yaitu fakultas ini benar-benar menitikberatkan kepada kemampuan mahasiswanya untuk menangani hewan. Karena itu tidak heran di fakultas saya terdapat laboratorium dan rumah sakit hewan. Mahasiswa lebih dilatih untuk memakai skillnya sebagai seorang praktisi namun tidak melupakan kemampuan intelegensia. Setelah anda masuk fakultas ini, anda tidak akan lepas dari yang namanya praktikum. Karena itulah hari-hari anda tidak akan lepas dari praktikum dan laporan praktikum. Lamanya praktikum itu sendiri, tiap-tiap mata kuliah berbeda-beda tergantung dari banyaknya materi mata kuliah tersebut. Dalam 1 semester biasanya terdapat 5-6 mata kuliah dan umumnya 4-5 mata kuliah tersebut mempunyai praktikum. Kaprikornus bayangkan betapa sibuknya hari-hari anda. Selain adanya praktikum, acara lain yang sanggup menambah kemampuan anda menangani binatang yaitu dengan bergabung dengan unit acara mahasiswa atau dalam bahasa sekolah seringkali disebut extrakurikuler.


Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Kedokteran Hewan























































Perguruan TinggiNama ProdiAkreditasi
Institut Pertanian Bogor, BogorKedokteran HewanA
Universitas Airlangga, SurabayaKedokteran HewanA
Universitas Gadjah Mada, YogyakartaKedokteran HewanA
Universitas Udayana, DenpasarProfesi Dokter HewanA
Universitas Hasanuddin, MakassarKedokteran HewanB
Universitas Syiah Kuala, Banda AcehKedokteran HewanB
Universitas Brawijaya, MalangPendidikan Dokter HewanB
Universitas Nusa Cendana, KupangKedokteran HewanC
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, SurabayaPendidikan Dokter HewanC

 


Oleh:

Wilson

Fakultas Kedokteran Hewan

Universitas Gadjah Mada 2006



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan Kedokteran Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel