-->

iklan banner

Cara Mengatasi Overheat Pada Motor Dan Penyebabnya

Cara mengatasi overheat pada motor cukup gampang. Masbro tak usah panik apabila hal ini terjadi pada motor kesayangan. Overheat sendiri ialah situasi dimana suhu mesin terlalu tinggi dan melewati batas normal, sehingga berakibat terhadap performa mesin dan kinerja komponen yang ada di dalamnya. Kejadian menyerupai ini sering kali terjadi pada sepeda motor yang kurang perawatan, jadi masbro harus melaksanakan service rutin biar tak mengalami hal tersebut.


Penyebab Motor Overheat


Salah satu penyebab overheat pada motor ialah oli tidak mengalir dengan baik. Pasalnya oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi tabrakan antar komponen serta menjaga temperature suhu di dalam ruang mesin. Apabila oli tidak mengalir sempurna, maka semua komponen di dalam mesin akan bekerja terlalu berat sehingga menjadikan tabrakan antar komponen yang menjadikan suhu mesin semakin meningkat. Oleh alasannya ialah itulah masbro wajib mengganti oli secara teratur biar suhu mesin selalu terjaga.




Penyebab overheat pada motor yang lainnya ialah piston pada liner silinder terlalu rapat. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan kekurangan oli mesin. Liner Silinder membutuhkan oli sebagai pelumas biar dapat meminimalisir tabrakan pada piston. Apabila kekurangan oli maka liner silinder dapat tergores dan mengakibatkan overheat pada mesin. Yah, oli memang berperan sangat penting terhadap performa sepeda motor, jadi masbro harus rutin menggantinya sesuai dengan jarak tempuh yang disarankan.


Biasanya pabrikan menyarankan penggantian oli setiap 2000-3000 km. Namun masbro jangan hanya perpatokan pada jarak, alasannya ialah harus mempertimbangkan faktor teladan berkendara, kondisi jalan, udara panas, serta kemacetan. Masbro harus eksklusif mengganti oli apabila sepeda motor dirasa kurang nyaman dikendarai serta suhu mesih meningkat drastis alias overheat.


Nah apabila hal ini sudah terlanjur terjadi, maka silahkan ikuti cara mengatasi overheat pada motor yang kami sampaikan pada artkel di bawah ini.


Tips & Cara Mengatasi Overheat Pada Motor


Tips Mengatasi Motor Overheat


Cara mengatasi overheat pada motor cukup praktis Cara Mengatasi Overheat Pada Motor dan Penyebabnya

Inilah 10 Cara Mengatasi Overheat Pada Motor !



  1. Motor yang mengalami overheat akan terasa tidak bertenaga, meski sudah menarik gas dalam-dalam. Untuk mengatasinya lebih baik mematikan motor dan menunggu mesin hingga benar-benar dingin.

  2. Apabila ketika dihidupkan masih terjadi overheat, maka besar kemungkinan dikarenakan piston terkunci. Cara mengatasinya ialah dengan memasukan oli sekitar 10 tetes ke lubang busi untuk melumasi piston yang tersumbat. Setelah itu, masbro tinggal menyalakan motor menggunakan starter elektrik dan menunggu hingga semua oli melumuri piston. Kemudian tarik gas perlahan untuk memastikan apakah tarikan motor sudah kembali menyerupai semula atau belum.

  3. Seperti yang kami sampaikan di atas, cara mengatasi overheat pada motor ialah rutin mengganti oli mesin. Pastikan oli yang digunakan sudah mengalir lancar pada semua pecahan mesin, mulai dari piston, klep, noken as, dinding silinder, dan banyak sekali komponen mesin lainnya

  4. Masbro juga harus menentukan oli sesuai dengan spesifikasi mesin. Apabila menggunakan motor matic, maka pilihlah oli khusus motor matic yang harganya dapat masbro simak pada artikel berikut ini “Daftar Harga Oli Motor Matic

  5. Motor jaman kini rata-rata sudah menggunakan sistem pendingin air (Liquid Cooled) yang mendistribusikan cairan ke radiator mesin untuk menjaga temperature mesin. Apabila cairan pendingin yang masuk ke radiator kurang, tentu akan mengakibatkan overheat. Oleh alasannya ialah itulah masbro harus sering mengganti air radiator untuk mencegah terjadinya overheat pada motor.

  6. Selain mengantrol cairan yang masuk ke radiator, masbro juga harus memerika kinerja kipas radiator, apakah masih cantik atau tidak. Untuk mengeceknya mungkin cukup susah, jadi lebih baik meminta pemberian ke montir atau teknisi ketika melaksanakan service rutin.

  7. Cara mengatasi overheat pada motor yang selanjutnya ialah mengatur kerapatan piston sesuai dengan standar pabrikan. Piston yang posisinya terlalu rapat akan menciptakan seher dan piston tidak dapat bergerak secara leluasa sehingga menghambat pelumasan oli yang mengakibatkan terjadinya overheat

  8. Overheat juga dapat terjadi alasannya ialah bore-up mesin yang tidak diperhitungkan secara matang. Biasanya bore-up dilakukan untuk menambah kapasitas mesin biar tenaga dan torsi yang dikeluarkan semakin besar. Apabila digunakan untuk balapan tentu bukan masalah. Namun apabila digunakan sebagai motor harian, maka kami sarankan untuk tidak melaksanakan bore-up sehingga dapat meminimalisir terjadinya overheat.

  9. Selalu service rutin untuk mengecek setiap pecahan motor, sehingga performanya selalu prima.

  10. Jangan ragu untuk tiba ke bengkel resmi biar dapat mendapat spare-part original


Resiko Motor Overheat



  • Tenaga motor menjadi hilang

  • Piston dan komponen di dalam mesin dapat terjadi kerusakan

  • Blok mesin dapat jebol

  • Seal-seal dapat mengalami kebocoran, sehingga dapat berakibat pada bocornya oli

  • Konsumsi materi bakar menjadi semakin boros


Tak jarang motor yang mengalami overheat ialah motor yang umurnya sudah tua. Pasalnya rata-rata motor yang sudah berumur belum dilengkapi ECU atau Electronic Control Unit. Salah satu fungsi ECU ialah untuk menyeleraskan kinerja komponen pendingin mesin secara optimal. Tanpa adanya ECU tentu panas motor tidak dapat terkontrol secara optimal sehingga beresiko terjadinya overheat yang dapat mengakibatkan mesin rusak dan penurunan performa.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara mengatasi overheat pada motor cukup praktis Cara Mengatasi Overheat Pada Motor dan PenyebabnyaSyarat Perpanjangan SIMCara mengatasi overheat pada motor cukup praktis Cara Mengatasi Overheat Pada Motor dan PenyebabnyaHarga Motor Gesits
Cara mengatasi overheat pada motor cukup praktis Cara Mengatasi Overheat Pada Motor dan PenyebabnyaOli Motor Matic TerbaikCara mengatasi overheat pada motor cukup praktis Cara Mengatasi Overheat Pada Motor dan PenyebabnyaMotor Custom Jokowi

Bagi pemilik motor renta harus rutin mengganti oli mesin dan service rutin untuk meminimalisir terjadinya overheat. Tentu masbro tidak ingin mesin mengalami kerusakan yang dapat mengakibatkan turun mesin ataupun mengganti komponen mesin yang harganya cukup mahal. Oleh alasannya ialah itulah kami sarankan untuk selalu menjaga kesehatan motor biar performa motor selalu optimal dan dapat diandalkan sebagai kendaraan sehari-hari. Demikinlah tips otomotif kali ini, semoga informasi cara mengatasi overheat pada motor di atas bermanfaat dan dapat menjadi referensi.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Overheat Pada Motor Dan Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel