Cara Mengatur Regional Setting Windows Untuk Penggunaan Koma Atau Titik Koma Di Ms. Excel
Dalam penulisan sebuah formula atau rumus di ms.excel, tentunya Anda pernah menggunakan 2 tanda pemisah argumen/variabel yaitu: koma “,” dan titik koma “;”. Dimana Anda harus menentukan salah satu dari kedua tanda pemisah argumen tersebut, untuk Anda gunakan dalam pengoperasian di lembar kerja ms. Excel.
Contoh tanda pemisah argumen
Sebagai contoh, Anda sanggup melihat beberapa goresan pena pada blog ini, yang memakai tanda pemisah argumen, diantaranya: Penjelasan mengenai fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP disertai gambar, pada goresan pena tersebut ada satu formula VLOOKUP dengan penulisan menyerupai ini.
=vlookup(B5,$B$14:$E$16,2)
Pada formula di atas aku memakai koma bukan titik koma, mengapa? Karena komputer aku memakai Sistem Operasi (OS) Windows 7 dengan Setting Regional English (United States).
Selain itu, banyak goresan pena tutorial ms.excel di umardanny.com, dengan pembahasan perihal formula/rumus seperti: fungsi sum, VLOOKUP HLOOKUP, IF , COUNTIF, dan lain sebagainya menggunakan banyak tanda pemisah argumen koma.
Jadi bagi Anda yang kebetulan memakai setting regional English atau lainnya sanggup memakai koma (,) dalam mengikuti tutorial. Sedangkan penggunaan titik koma (;) jikalau setting regional komputer/windows Anda memakai Indonesia.
Artikel lain: panduan mencar ilmu Ms. Word 2007
Bila Anda salah memasukkan tanda pemisah argumen titik koma menjadi koma atau sebaliknya, maka excel akan mengeluarkan sebuah notifkasi/pesan kesalahan menyerupai dibawah ini:
Microsoft Office Excel
The formula you typed contains an error
- For informatin about fixing common formula problems, click Help
- To get assiteance in entering a function, click Function Wizard (Formulas tab, Function Library Group)
- If you are not trying to enter a formula, avoid using an equal sign (=) or minus sign (-), or precede it with a single quotation mark (‘).
Cara mengetahui Harus Menggunakan Koma atau Titik Koma
Untuk mengetahui Apakah regional setting komputer Anda memakai bahasa Indonesia atau yang lainnya. Silahkan Anda lihat, penanggalan atau waktu di komputer yang terletak di pojok bawah paling kanan, jikalau Ada goresan pena AM/PM nya, contohnya 06.45 PM, artinya…regional setting Windowsnya memakai English (United States), tetapi jikalau tidak ada AM PM nya atau 24 hours (24 jam), contohnya 18.45 maka setting regional nya memakai bahasa Indonesia.
Baca juga: cara memakai rumus kombinasi excel dengan referensi masalah soal
Cara Merubah Regional Setting Windows
Untuk merubah seting regional di Windows 7 dan 10
- Klik start Menu -> Control Panel -> Region & Language (Windows 7)
- Klik Star Menu -> Control Panel -> Region (Untuk Windows 10)
- Setelah itu akan tampil jendela Region, pilih setting regional yang Anda inginkan dengan menentukan bab format dan klik ok, menyerupai gambar dibawah ini:
Setting regiona l gambar di atas, jikalau Anda menginginkan tanda pemisah titik koma. Bila Anda ingin memakai tanda pemisah koma, silahkan pilih format English (United states) atau yang lainnya/selain format Indonesia.
Demikian cara mengatur regional setting Windows untuk penggunaan argumen/variabel di microsoft excel. Semoga bermanfaat.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Cara Mengatur Regional Setting Windows Untuk Penggunaan Koma Atau Titik Koma Di Ms. Excel"
Posting Komentar