-->

iklan banner

Pembahasan Ipa Smp Un 2017 No. 36 - 40

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 36 hingga dengan nomor 40 tentang:
  • fotosintesis, 
  • sistem ekskresi pada manusia, 
  • sistem reproduksi pada manusia, 
  • pewarisan sifat, dan 
  • bioteknologi.

Soal No. 36 perihal Fotosintesis

Perhatikan gambar percobaan fotosintesis berikut!

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Jika air dalam gelas kimia ditambah dengan soda kuliner ringan anggun (NaHCO3), apa yang terjadi dalam percobaan tersebut?

A.   Kandungan CO2 dalam air menurun.
B.   Tanaman Hydrilla akan mati.
C.   Jumlah gelembung udara bertambah.
D.   Tidak terbentuk gelembung udara.




Pembahasan

Reaksi fotosintesis yang terjadi pada tanaman Hydrilla di atas adalah:

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Penambahan soda kuliner ringan anggun (NaHCO3) berfungsi meningkatkan kandungan gas karbondioksida (CO2) di dalam air.

Karena kandungan gas CO2 di ruas kiri meningkat maka gas oksigen (O2) yang dihasilkan di ruas kanan juga meningkat. Hal ini ditandai dengan jumlah gelembung udara dalam tabung reaksi bertambah.

Jadi, bila air dalam gelas kimia ditambah dengan soda kuliner ringan anggun (NaHCO3) maka jumlah gelembung udara bertambah (C).

Soal No. 37 perihal Sistem Ekskresi pada Manusia

Perhatikan gambar berikut!

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Pada bab yang ditunjukkan anak panah terjadi proses ….

A.   penyaringan darah dari tubuh
B.   pengumpulan zat sisa yang sudah tidak diperlukan
C.   peresapan kembali zat yang masih diperlukan
D.   penambahan zat yang sudah tidak diharapkan lagi oleh tubuh



Pembahasan

Bagian yang ditunjuk oleh anak panah pada gambar di atas ialah tubulus kolektivus, yaitu salah satu bab ginjal yang berfungsi dalam pembentukan urine.

Berikut ini bagian-bagian ginjal yang berfungsi dalam pembentukan urine:

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Fungsi bagian-bagian organ tersebut adalah:
  • Glomerulus: penyaringan darah dari tubuh, jadinya berupa urine primer yang masih mengandung glukosa, garam, dan urea.
  • Tubulus kontortus proksimal: peresapan kembali zat yang masih diharapkan dari urine primer, peresapan ini menghasilkan urine sekunder.
  • Tubulus kontortus distal: penambahan zat yang sudah tidak diharapkan lagi oleh tubuh
  • Tubulus kolektivus: pengumpulan zat sisa yang sudah tidak diperlukan
Jadi, bab yang ditunjukkan anak panah ialah tubulus kolektivus kawasan terjadinya proses pengumpulan zat sisa yang sudah tidak diharapkan (B).

Soal No. 38 perihal Sistem Reproduksi pada Manusia

Perhatikan gambar alat reproduksi perempuan berikut!

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Fungsi bab yang ditunjukkan oleh panah ialah ….

A.   kawasan berkembangnya janin selama kehamilan
B.   menghasilkan sel telur dan hormon
C.   kawasan pembuahan sel telur oleh sperma
D.   sebagai jalan masuk telur membawa sel telur




Pembahasan

Bagian yang ditunjukkan oleh panah ialah ovarium. Perhatikan keterangan gambar berikut!

 Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Fungsi dari bagian-bagian tersebut ialah sebagai berikut:
  • Ovarium atau indung telur ialah kawasan penghasil sel telur dan hormon
  • Oviduk atau tuba falopi ialah jalan masuk sel telur dan kawasan pembuahan sel telur oleh sperma.
  • Uterus atau rahim ialah kawasan berkembangnya embrio.
Jadi, fungsi bab yang ditunjukkan oleh panah ialah menghasilkan sel telur dan hormon (B).

Soal No. 39 perihal Pewarisan Sifat

Persilangan antara tanaman padi bulir besar berumur panjang (BBPP) dengan tanaman padi bulir kecil berumur pendek/genjah (bbpp) ialah sebagai berikut:

P:BBPP><bbpp
G:BPbp
F1:BpBp
(bulir besar umur panjang)
P2:BpBp><BpBp
G:BP, Bp, bP, bpBP, Bp, bP, bp
F2:
><BPBpbPbp
BP1234
Bp5678
bP9101112
bp13141516

Bila sifat bulir besar dan berumur pendek (genjah) merupakan sifat-sifat unggul, genotip pada F2 yang paling baik disilangkan untuk mendapat hibrida ialah genotip … dengan genotip ….

A.   1 >< 16
B.   4 >< 13
C.   6 >< 14
D.   11 >< 12




Pembahasan 

Genotip F2 pada persilangan di atas adalah:

><BPBpbPbp
BPBBPP
(1)
BBPp
(2)
BbPP
(3)
BbPp
(4)
BpBBPp
(5)
BBpp
(6)
BbPb
(7)
Bbpp
(8)
bPBbPP
(9)
BbPp
(10)
bbPP
(11)
bbPp
(12)
bpBbPp
(13)
Bbpp
(14)
bbPp
(15)
bbpp
(16)

Untuk mendapat hibrida yang bersifat bulir besar dan berumur pendek, maka:
  • Bulir besar bersifat mayoritas sehingga genotipnya sanggup mayoritas homozigot (BB) atau heterozigot (Bb). 
  • Sedangkan umur pendek bersifat resesif sehingga genotipnya harus resesif homozigot (pp). 
Dengan demikian, persilangan yang menghasilkan hibrida adalah:

BBpp (6) >< Bbpp (8 atau 14)

Makara sesuai opsi balasan yang ada, genotip pada F2 yang paling baik disilangkan untuk mendapat hibrida ialah 6 >< 14 (C).

Soal No. 40 perihal Bioteknologi

Perhatikan pernyataan penerapan bioteknologi pangan di bawah ini!
  1. Saccharomyces cereviceae menghasilkan enzim untuk mengubah zat tepung menjadi gula dan alkohol
  2. Budidaya tanaman tomat transgenik menghasilkan tomat yang tahan lama
  3. Rhizopus oryzae melaksanakan fermentasi biji kedelai sehingga membentuk padatan kompak putih
  4. Budidaya jagung transgenik menghasilkan tanaman yang tahan terhadap hama penggerak
Penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan hidup insan ditunjukkan oleh pernyataan nomor ….

A.   (1) dan (2)
B.   (1) dan (3)
C.   (2) dan (3)
D.   (2) dan (4)




Pembahasan

Bioteknologi sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern.

Bioteknologi Tradisional

Bioteknologi tradisional atau konvensional ialah bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk menghasilkan produk makanan. Misal, mikroorganisme Saccharomyces sp. untuk menciptakan tape, Rhizopus sp. untuk menciptakan tempe. [pernyataan 1 dan 3 ialah bioteknologi tradisional]

Bioteknologi Modern

Bioteknologi modern ialah bioteknologi yang memanfaatkan teknologi modern. Misal, teknik kultur jaringan, teknik hibridoma, teknik rekayasa transgenik. [pernyataan 2 dan 4 ialah bioteknologi modern]

Jadi, yang termasuk bioteknologi modern ialah pernyataan nomor 2 dan 4 (D).

Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 31 - 35

Simak juga:
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2014 No. 1 - 5
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2015 No. 1 - 5
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2016 No. 1 - 5

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, menyebarkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
Sumber http://kakajaz.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Ipa Smp Un 2017 No. 36 - 40"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel