-->

iklan banner

Pengertian Dan Teladan Majas Sindiran

Pengertian Dan Contoh Majas Sindiran - Majas sering disebut dengan kata kiasan, dalam ilmu pendidikan bahasa Indonesia sering dipergunakan baik itu secara sadar maupun tidak sadar. Majas terbagi menjadi  kelompok atau jenis , dan dari setiap jenisnya majas memilki turunannya masing-masing. Majas yaitu kata yang indah yang dipakai oleh penulis semoga menghasilkan efek-efek yang indah pada pembaca atau pendengar. Secara umum majas terbagi menjadi empat bab yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran dan majas penegasan. Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa dari setiap jenis tersebut mempunyai turunan masing-masing. Dalam pembahasan artikel kali ini saya akan membahas jenis majas sindirian beserta dengan turunannya. Dalam pembahassan makalah ini terbagi menjadi tiga sub bab yaitu pengertian dari majas sindiran, jeni-jenis atau turunan dari majas sindiran dan referensi dari masing-masing turunan atau jenis-jenis majas sindiran.

Baiklah, kita akan mulai masuk dalam pembahasan yang pertama yaitu mengenai pengertian dari majas sindiran. Majas sindiran yaitu suatu kalimat yang terangkai dari kata-kata kiasan yang memiki tujuan untuk menyindir suatu hal. Dengan artian majas sindiran ini mengungkapkan suatu hal dengan cara menyindir untuk meningkatkan kesan dan makna pembaca atau pendengarnya. Majas sindiran terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :
  • Majas ironi
Majas ironi yaitu majas yang  menyembunyikan fakta yang sebetulnya dan mengungkapkan kebalikan dari fakta yang sebetulnya dengan tujuan untuk menyindir. Kalo kata sederhananya sih antonimnya. Contoh dari majas ironi yaitu :
    • Ini gres siswa rajin, tidak pernah mengerjakan tugas.
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang bermajaskan ironi alasannya ialah dalam kalimat tersebut menyembunyikan fakta yang sebenarnya. Kalimat di atas mempunyai arti bahwa anak tersebut sangat malas, semua kiprah tidak pernah dikerjakan.
    • Wangi sekali tubuhmu, sudah berapa hari tidak mandi?
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang bermajaskan ironi alasannya ialah dalam kalimat tersebut menyembunyikan fakta yang sebenarnya. Kalimat di atas mempunyai arti bahwa tubuhnya amis menyerupai oarng sudah berapa hari tidak mandi.


  • Majas sinesme.
Majas sinesme yaitu majas yang mengungkapkan sindiran secara langsung. Contoh dari majas sinesme yaitu :
    • Lama-lama saya gila kalau selalu melihat tingkah gila mu
Kalimat di atas mempunyai arti bahwa beliau tidak suka dengan tingkah laris kawannya.
    • Perkataanmu sungguh tidak pantas untuk dikatakan oleh seorang sarjana.
Kalimat di atas mempunyai arti perkataan yang dikataan oleh sang sarjana sangatlah bergairah atau tidak sopan.
  • Majas sarkasme.
Majas sarkasme yaitu majas yang mengungkapkan sindiran dengan cara yang kasar. Contoh majas sarkasme yaitu
    • Dasar kamu buaya darat, bisanya memainkan perasaan perempuan saja.
Kalimat di atas mempunyai arti bahwa seorang lelaki yang suka gonta ganti pasangan hanya bisa menciptakan sakit hati perempuan saja.
    • Dasar kerbau dungu, kerja begini saja tidak becus!
Kalimat di atas mempunyai arti bahwa seseorang yang bodoh, yang tidak bisa menuntaskan pekerjaan.
  • Majas satrie.
Majas satrie  yaitu majas yang berisi ungkapan yang memakai baik sarkasme, ironi, paradi, untuk mengecam atau menertawakan gagasan, kebiasaan, dan sebagainya. referensi dari majas ini yaitu :
    • Yaampun, kiprah semudah ini saja kamu tak bisa mengerjakannya?
Kalimat di atas mempunyai arti menyindir bahwa mengerjakan kiprah yang gampang saja tidak bisa apa lagi yang sulit (dengan kata lain bodoh).

  • Majas innuendo.
Majas innuendo yaitu majas yang mengecilkan kenyataan yang sebenarnya. Contoh dari majas innuendo yaitu .
    • Kau beli gelar sarjana itu di mana? Kok gampang sekali kamu mendapatkannya.
Kalimat di atas merupakan kalimat yang bermajas innuendo karna arti dari kalimat tersebut merendahkan kenyataan, seakan-akan beliau tidak bisa untuk menuntaskan kuliah sarjannya dengan waktu yang cepat.

Pengertian Dan Contoh Majas Sindiran - Demikian pembahasan mengenai majas sindiran. Majas sindiran yaitu rangkaian kata yanng bertujuan untuk menyindir suatu hal. Majas sindirna terbagi menjadi beberapa jenis seperti  majas Ironi, sinisme, satrie dan innuendo. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Sumber http://pensilaktif.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Teladan Majas Sindiran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel