-->

iklan banner

Kuliah Ketika Usia Tak Muda Lagi, Kenapa Tidak?

Banyak faktor yang menciptakan keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tidak sanggup Anda realisasikan, padahal hasrat untuk kuliah begitu besar ditambah lagi posisi pekerjaan Anda kini mengharuskan minimal harus S1. Apa yang harus Anda lakukan? Sedangkan usia/umur tidak muda lagi?

Berapakah usia Anda sekarang? 25, 26, 30, atau bahkan lebih dari 40 tahun? Anda bisa tetap kuliah, alasannya yaitu memang tidak ada batasan umur dalam melanjutkan studi ke akademi tinggi swasta (PTS). Tetapi bila Anda mencoba melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), umumnya syarat registrasi atau mengikuti ujian ada batasannya, yaitu dihentikan lebih dari 3 tahun semenjak Anda lulus.

Banyak faktor yang menciptakan keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih ti Kuliah Saat Usia Tak Muda Lagi, Kenapa Tidak?

Pernah mendengar Nola Ochs?

Nola Ochs merupakan salah satu pola seorang nenek yang bisa menuntaskan kuliah S2-nya, ketika dia berusia 95 tahun. Beliau tercatat sebagai lulusan tertua yang meraih penghargaaan master dalam studi liberal dengan konstrasi sejarah. Setelah menuntaskan S2-nya, Nola Ochs mengabdikan dirinya dengan menjadi ajun pengajar pascasarjana di Hays, Kansas, yaitu: Fort Hays State University (FHSU).

Tidak hanya Nola Ochs, masih banyak orang bau tanah yang berusia lanjut mau dan bisa menuntaskan kuliahnya, diantaranya: Georgina Kiely, perempuan berumur 85 tahun asal Pert-Australia yang berhasil meraih geraih sarjananya (S1) jurusan sejarah.

Baca juga:

Mengapa Harus Kuliah?

Banyak orang yang sukses diluaran sana, tanpa kuliah, kemudian mengapa Anda memiih kuliah? Terkadang tuntutan kerja, mengharuskan kita wajib/harus kuliah. Contoh: Bila Anda seorang guru, dan kebetulan mengajar di Sekolah Menengah Atas (SMA), tentunya Anda wajib memiliki gelar S1, Mengapa? Ya, alasannya yaitu jikalau murid Anda nantinya lulus, tentunya dia akan sederajat dengan Anda yang juga lulusan SMA. Begitu juga dengan dosen, mereka wajib atau sudah memiliki Ijazah S2, biar bisa mengajar di kursi perkuliahan.

Banyak faktor yang melatarbelakangi keinginan untuk kuliah, tidak hanya faktor tuntutan dunia kerja, menyerupai Georgina Kiely melanjutkan kuliah alasannya yaitu ingin melaksanakan sesuatu yang berharga dalam hidupnya, sehabis pensiun sebagai seorang perawat.

Artikel lain: pentingnya penguasaan aplikasi perkantoran untuk memasuki dunia kerja

Memilih Tempat Kuliah

Bila Anda sudah berusia diatas 25 tahun, ditambah lagi Anda ketika ini masih bekerja dan tidak mau (tidak mungkin juga) melepaskan pekerjaan yang menjadi sumber penghidupan. Cobalah Anda menentukan kawasan kuliah (universitas) yang ada kelas karyawannya (Executive class). Mengapa?

Ini, menurut pengalaman sendiri dan juga teman-teman saya, yang kebetulan mengambil kelas malam/karyawan dan sudah berhasil menjadi sarjana.

Ya, dengan menentukan kelas karyawan, tentunya banyak laba yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:

  • Kegiatan perkuliahan umumnya dilaksanakan malam hari senin-jum’at (jam 19.00-21.00 Wib), sedangkan di hari sabtu dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. Hal ini, tentunya tidak menggangu urusan kantor/pekerjaan bukan?
  • Tidak adanya ospek/MOS (pengenalan kampus)
  • Dapat bertemu orang-orang yang juga sudah bekerja. Dan tentunya ini penting bagi networking atau ekspansi jaringan bisnis anda.
  • dan lain-lain, selengkapnya bisa Anda baca pada goresan pena saya sebelumnya, executive class, sebuah pilihan ditengah mahalnya biaya kuliah

Berapa usang Waktu yang Anda bisa selesaikan untuk meraih gelar sarjana (S1)?

Anda sanggup menuntaskan waktu 3,5-4 tahun, tergantung keseriusan Anda dalam menempuh dan meraih harapan yang Anda inginkan.

Apakah banyak orang yang sudah Tua kuliah di kelas karyawan?

Banyak sekali, saya sendiri pun kuliah di kelas karyawan pada ketika saya berumur di atas 28 tahun. Sebagai catatan, saya dulu pernah kuliah reguler dari senin- jum’at, tapi alasannya yaitu bentrok dengan pekerjaan balasannya kuliah saya terbengkalai… Akhirnya sehabis mencari-cari universitas/kampus yang sanggup dapat mengakomodir orang yang sudah bekerja, ketemulah saya dengan salah satu kampus yang menyediakan kelas karyawan.

Jadi siapapun Anda, apakah sudah tua, sudah menikah, dan gres ingin atau melanjutkan kuliah lagi..bersegeralah kuliah


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kuliah Ketika Usia Tak Muda Lagi, Kenapa Tidak?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel