-->

iklan banner

Cara Menghitung Bilangan Belahan Adonan + Pola Soal

Cara Menghitung Bilangan Pecahan Campuran yang benar. Pada pelajaran matematika kini, anda niscaya akan banyak menemukan bilangan pecahan. Bilangan pecahan telah kita jumpai di dingklik sekolah dasar (SD) dan merupakan pelajaran yang sangat dasar pada matematika. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas wacana cara menghitung bilangan pecahan gabungan serta pola soal di antaranya: cara menambah bilangan pecahan campuran, cara mengurangi bilangan pecahan campuran, cara membagi pecahan campuran, cara mengalikan pecahan campuran, dan pola soal bilangan pecahan campuran.

Semoga sehabis anda membaca postingan kami ini, anda makin paham mengenai cara menghitung pecahan biasa. Pengertian bilangan pecahan ialah bilangan yang terdiri atas pembilang dan penyebut. Pembilang ialah bilangan yang terdapat di atas penyebut atau merupakan bilangan yang akan di bagi oleh penyebut. Penyebut ialah bilangan yang terdapat di bawah pembilang atau merupakan bilangan yang akan membagi penyebut. Secara sederhana sanggup di katakan sebagai berikut:

 anda niscaya akan banyak menemukan bilangan pecahan Cara Menghitung Bilangan Pecahan Campuran + Contoh Soal

  • Pembilang = bilangan yang di bagi.
  • Penyebut = bilangan yang membagi.

Perhatikan Bilangan Pecahan Campuran Berikut:

2
3

Keterangan:
2 merupakan pembilang
3 merupakan penyebut

Jika pada pecahan campuran, terdiri atas bilangan lingkaran dan bilangan pecahan biasa. Perhatikan bentuk pecahan gabungan berikut ini:

Keterangan:
3 merupakan bilangan biasa
1/2 merupakan pecahan biasa

Cara Menghitung Bilangan Pecahan Campuran

Berbeda dengan pecahan biasa, cara menghitung pecahan gabungan sebelum melaksanakan operasi penghitungan terlebih dahuli ubah pecahan gabungan ke pecahan biasa.

Selanjutnya melaksanakan operasi hitung sesuai dengan perhitungan pecahan biasa, Setelah itu ubah kembali pecahan biasa ke pecahan gabungan bila diharapkan atau untuk menyederhanakannya.

Cara Menambahkan Bilangan Pecahan Campuran

Penjumlahan pecahan gabungan merupakan peroses perhitungan dengan operator tambah. Untuk sanggup menjumlahkan bilangan pecahan campuran, terlebih dahulu anda harus mengubah pecahan gabungan ke pecahan biasa sehabis itu lakukan proses penambahan ibarat halnya penambahan bilangan pecahan biasa. Untuk lebih jelasnya perhatikan pola soal pecahan gabungan berikut ini:

Pertama, ubah masing-masing pecahan gabungan tersebut ke pecahan biasa secara terpisah:

Setelah masing-masing pecahan gabungan di ubah ke dalam pecahan biasa, lakukan proses penambahan sesuai dengan penambahan pecahan biasa.

Jadi, hasil yang di dapatkan,

Jika penyebutnya sama, maka pribadi saja di tambahkan pembilangnya. Jika tidak, maka samakan dulu penyebutnya lalu tambahkan pembilangnya bila sudah sama.

Cara Mengurangkan Bilangan Pecahan Campuran

Sama halnya dengan proses penambahan, yang berbeda dalam pengurangan pecahan gabungan ialah operator yang di gunakan ialah kurang. Sebelum melaksanakan pengurangan, ubah terlebih dahulu pecahan gabungan ke pecahan biasa lalu kurangkan pecahan sesuai dengan cara sebelumnya (cara mengurangkan pecahan biasa). Untuk lebih jelasnya perhatikan pola berikut, misalkan pecahan gabungan yang akan dikurangkan sebagai berikut:

Ubah masing-masing pecahan gabungan tersebut ke dalam pecahan biasa secara terpisah,

Setelah itu, lakukan proses pengurangan (jika penyebutnya sama maka pembilang pribadi di kurangkan, bila tidak samakan terlebih dahulu penyebutnya),

Jadi, hasil yang di dapatkan,

Cara Mengalikan Bilangan Pecahan Campuran

Untuk perkalian pecahan campuran, yang pertama di lakukan ialah ubah terlebih dahulu pecahan gabungan ke dalam pecahan biasa. Kemudian lakukan proses perkalian sesuai dengan cara mengalikan pecahan biasa (pembilang di kalikan dengan pembilan dan penyebut dikalikan dengan penyebut). Untuk lebih jelasnya, perhatikan pola berikut, misalkan pola soal pecahan gabungan berikut:

Ubah terlebih dahulu pecahan gabungan tersebut ke dalam pecahan biasa secara terpisah,

Kemudian, kalikan pecahan yang telah di ubah tadi dan lalu sederhanakan bila di butuhkan.

Jadi, hasil yang di dapatkan adalah

Cara Membagi Bilangan Pecahan Campuran

Untuk sanggup melaksanakan pembagian pecahan campuran, pertama-tama anda harus mengubah pecahan gabungan ke pecahan biasa, lalu lakukan operasi pembagian ke pecahan yang telah diubah tadi dengan membalikkan pecahan sebagai pembagi (pembilang menjadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang). Kemudian, lakukan pengalian ibarat hal yang telah dilakukan di atas. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pola berikut ini, misalkan pecahan gabungan yang akan dibagi:

Pertama, ubah pecahan gabungan ke pecahan biasa secara terpisah.

Kemudian lakukan pembagian dengan membalikkan pembaginya (pembilang jadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang). Setelah itu lakukan pengalian ibarat pengalian sebelumnya.

Jadi, didapatkan hasil.

Kesimpulan:

  • Bilangan pecahan didefinisikan sebagai bilangan a/b. Dimana a merupakan bilangan lingkaran dan b merupakan bilangan buat (b dihentikan sama dengan 0).
  • Bilangan pecahan gabungan terdiri atas bilangan lingkaran dan pecahan biasa.
  • Cara menghitung bilangan pecahan gabungan yaitu dengan 4 metode diantaranya penambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian.
  • Perhitungan pecahan gabungan hampir sama dengan perhitungan pecahan biasa, tetapi pada pecahan gabungan terlebih dahulu diubah menjadi pecahan biasa.

Sekian ulasan mengenai cara menghitung bilangan pecahan campuran yang benar dan sempurna yang sanggup kami sajikan kali ini. Semoga apa yang kita pelajari dalam ulasan kali ini sanggup bemanfaat.


Sumber http://b1ixbux.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung Bilangan Belahan Adonan + Pola Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel