-->

iklan banner

Contoh Soal Dan Pembahasan Besaran Vektor

Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor - Selamat pagi nih sobat - sobat semua. Pada pagi hari ini, kita akan membahas bahan fisika lagi nih. Hari ini, kita akan membahas mengenai teladan soal dan pembahasan besaran vektor. Ada yang belum tahu apa sih yang dimaksud dengan besaran vektor serta Rumus - rumusnya? Jika belum tahu, sebaiknya baca terlebih dahulu bahan ihwal Rumus Penjumlahan dan pengurangan Besaran Vektor. Langsung saja yuk diperhatikan dengan baik teladan soalnya berikut ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor
Google Image - Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor

Contoh Soal dan Pembahasan bahan Vektor fisika kelas 10 SMA. mempelajari fisika sangat menyenangkan kok. alasannya ialah masih berkaitan dengan kehidupan sehari - hari. Contohnya saja pembahasan kita pada hari ini, mengenai vektor. Kita sanggup mengetahui jarak tempuh memakai rumus vektor, itu merupakan salah satu pengaplikasian dari bahan fisika. Oleh lantaran itu tidak akan sia - sia kalau kita berguru Fisika. Kuy simak Contoh soalnya berikut ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor Kela 10 SMA


Contoh Soal 1


Dua buah vektor yang masing - masing besarnya ialah 3 satuan dan 2 satuan membentuk sudut 60. Berapakah resultan dua buah vektor tersebut serta selisih diantara keduanya?

Jawab

Rumus umum Resultan adalah:




Langsung saja kita masukkan angkanya:

R =  (2)2 + (3)2 + 2(2)(3) cos 60
R =  4 + 9 + 12 (1/2)
R =  13 + 6
R =  19

Untuk mengetahui Selisihnya, gunakan rumus berikut ini:




R =  (2)2 + (3)2 - 2(2)(3) cos 60
R =  4 + 9 - 12 (1/2)
R =  13 - 6
R =  7

Contoh Soal 2


Sebuah bahtera ingin melintasi sungai yang lebarnya 125m. Perahu tersebut begerak dengan kecepatan 3m/s tegak lurus terhadap arus sungai yang mempunyai kecepatan 3m/s. Berapakah jarak tempuh bahtera hingga ke sebrang?

Jawab

Diketahui:

Vp = 3m/s
Vs = 3m/s
x = 125m2

Karena bahtera bergerak tegak lurus terhadap anutan sungai, maka akan membentuk sudut 90. dengan begitu Panjang resultannya atau kecepatan resultannya sanggup dicari memakai rumus Phytagoras berikut ini:

Vr =  3^2 + 3^2
Vr =  9 + 9
Vr =  18
Vr =  9 x  2
Vr = 3 2

Setelah mendapat kecepatan resultannya, kita sanggup mengetahui sudut yang tebentuk antara resultan dengan vektor sungai:

Vs = Vr sin a
Sin a = Vs/Vr
Sin a = 3/3 2
a = 4

Barulah kita mencari jarak bahtera ke sebrang sungai dengan cara berikut ini:

Sin a = x / s
3/3 2 = 125/s
s = 176m.

Contoh Soal 3


Dua buah vektor, vektor A dan vektor B mempunyai resultan sebesar 100 dengan sudut 60. Vektor - vektor tersebut berada didalam sumbu x dan sumbu y dimana A pada sumbu x dan B berada pada sumbu y. Berapakah Vektor keduanya?

Jawab

a. Vektor searah sumbu x (Vx)

Vx = V cos a
Vx = 100 cos 60
Vx = 100 (1/2)
Vx = 50

b. Vektor searah sumbu y (Vy)

Vy = V sin a
Vy = 100 sin 60
Vy = 100 (0.86)
Vy = 86

Kaprikornus gaya A dan B berturut - turut ialah 50 dan 86.


Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor - Mudah bukan untuk memahami teladan soal diatas. Semoga bahan diatas bermanfaat untuk kalian semua. Ilmu sains online akan memperlihatkan bahan terbaru untuk kalian semua besok. Jika berdasarkan kalian bahan diatas bermanfaat, di share ya mitra - mitra ku. ilmu sains online selalu mengingatkan kepada kalian semua semoga rajin belajar, Supaya kalian semua tidak merasa kesulitan kalau menemukan soal - soal. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Dan Pembahasan Besaran Vektor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel